Minggu, 18 Juli 2010

Itu 'Ga Penting

Dalam hidup ini, sering kali kita dihadapkan pada beberapa pilihan dalam hidup ini. Misalnya, pilihan untuk bekerja di mana, sekolah di mana, dan banyak pilihan yang lain. Mungkin contoh beberapa pilihan di atas masih terlalu besar untuk sebagian orang. Bagaimana dengan pilihan untuk diam kalau diperhadapkan pada situasi orang yang sedang marah-marah dengan tidak jelas. Pilihan yang lain, misalnya untuk tidak berkomentar jikalau komentar yang akan kita berikan bisa memperparah keadaan.
Nah, dalam beberpa kondisi hidup kita, hal yang paling sering terjadi adalah menanggapi sesuatu yang sebenarnya itu ' ga penting" untuk ditanggapi. Bagaimana kita tahu hal tersebut tidak penting untuk ditanggapi? Kita bisa bertanya kepada diri kita sendiri beberapa pertanyaan pendukung untuk mengetahui apakah hal tersebut layak untuk ditanggapi atau tidak. Beberapa di antaranya adalah, pertama, apakah hal tersebut berguna atau bermanfaat untuk hidup kita, kedua, apakah hal tersebut memuliakan nama Tuhan, dan yang ketiga adalah, apakah hal tersebut tidak merugikan orang lain. Apabila hal tersebut jawabannya adalah ya, maka tanggapilah hal tersebut. Dan apabila jawaban dari hal tersebut adalah tidak, maka abaikan saja hal itu.
Suatu ketika beberapa teman mendiskusikan hal yang berhubungan dengan tingkah laku orang lain yang cukup memalukan. Mereka sepertinya sangat menikmati diskusi tersebut. Hal itu terlihat betapa bahagianya mereka ketika mendiskusikan bagian itu. Sedangkan saya berpikir, untuk apa menanggapi hal yang tidak berguna buat hidup saya, dan mendiskusikan hal yang sungguh tidak penting itu menghabiskan waktu dan tenaga saya. Selanjutnya, hal tersebut sama sekali tidak memuliakan Tuhan. hal itu sangat jelas karena mereka membicarakan keburukan atau kekurangan orang lain. Dan yang terakhir adalah, hal tersebut merugikan orang yang sedang dibicarakan kekurangannya itu. Apabila orang tersebut mendengar, betapa malunya dia.
Memang hal ini bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang. Hal ini adalah kebiasaan baik yang harus terus dibentuk. Karena seringkali secara tidak sadar, seseorang jatuh ke dalam situasi di mana bisa merugikan orang lain dengan menjawab pertanyaan- pertanyaan yang ga penting untuk ditanggapi. Jikalau kita bisa peka dengan hal ini, kita mau melatih diri kita untuk belajar lagi kebiasaan yang baru, kita pasti akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik, yang positif, dan orang akan merasa nyaman dengan kita. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: