Selasa, 15 Juni 2010

Disiplin Pribadi

Banyak kali di dalam hidup ini kita melakukan hal yang "sia-sia" dan akhirnya mendukakan hati Tuhan. Seperti misalnya, berkata-kata hal yang tidak penting, bertindak hal yang tidak penting, dan memikirkan hal yang tidak penting. Setelah dievaluasi, hal-hal tersebut selain tidak berguna juga mengurangi banyak hal dalam kehidupan kita. Kita jadi terpengaruh dalam melakukan hal-hal yang negatif, kita terpancing untuk melakukan hal-hal yang tidak membangun. Bagaimana ya supaya kita memiliki disiplin pribadi untuk melakukan hal-hal yang positif walaupun itu hal yang kecil? Ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu kita semua untuk memiliki disiplin pribadi yang baik, sehingga bisa lebih menikmati hidup ini dengan lebih maksimal.

Hal yang pertama adalah, cobalah hal yang kecil terlebih dahulu. Misalnya, kita mau komit untuk tidak berkata yang sia-sia. Kita mulai komit untuk hari ini untuk menjaga perkataaan kita.Kita mulai menahan setiap perkataan yang tidak penting, seperti misalnya gosip, atau perkataan yang tidak membangun. Kita juga mulai mengatur diri kita dengan bijaksana. Maksudnya adalah, kita mulai menjaga pertemanan kita, kalau kita rasa kita akan semakin negatif berteman dengan dia, ya...tinggalin aja. Susah amat..hehe.

Hal yang kedua adalah, kita 'ga mungkin bisa melakukan hal-hal tersebut seorang diri, kita butuh hikmat dari Tuhan untuk bisa menang setiap hari. Wah, 'ga bayang deh..kalau mengandalkan kekuatan kita sendiri, 'ga ada gunanya deh. Serius. Firman Tuhan aja sudah bilang, kalau sia-sia banget mengandalkan kekuatan manusia atau bahasa kerennya terkutuklah orang yang mengandalkan kekuatannya sendiri, tapi diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan. Wah, mau terkutuk atau diberkati, neeh...Pilih sendiri,ya...hehe

Nah yang ketiga adalah, komitmen. Kayak merit aja. Ya iyalah...Segala sesuatu itu butuh komitmen, Bro. Bayangin deh orang kerja 'ga pake komitmen, wah, bisa keluar masuk terus dia. Atau misalnya orang kawin tidak pakai komitmen, wah, berabe neeh, bisa kawin berapa kalee dia...heee So, untuk segala sesuatunya butuh komitmen. Untuk hal yang kecil ini pun kita butuh komitmen. Misanya kita mau komitmen hari ini engga mau ngomong yang negatif atau mikirin hal-hal yang negatif, ya udah, kita komit untuk tidak melakukan semua itu hari ini. Besok kita komit lagi, lama-lama jadi gaya hidup ,deh.

Nah, itulah sedikit sharing ane. Emang sih 'ga lengkap-lengkap amat. Setidaknya itulah yang ada dikepala saat ini hehe. Moga bermanfaat, ye. Pokoe, indah banget deh kalo kita memiliki disiplin pribadi yang baik. "Ga usah yang gede2 dulu, dari yang kecil, lama-lama hal yang besar akan menanti kita. Selamat mencoba. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar: