Selasa, 10 Maret 2009

fakta dan opini

Tulislah sebuah paragraf, kemudian tentukan fakta dan opini dari paragraf tersebut!

47 komentar:

detrick mengatakan...

Edwin, siswa kelas 9.2, adalah anak yang sangat pintar.(1) seertinya, dia akan menjadi juara umum tahun ajarin ini.(2)

fakta:(1)
opii:(2)

Detrick 9.2

Anonim mengatakan...

fakta harus berdasarkan anka anka dan sebagian besar tak mengandung sepertinya, kayanya, dan terdukung oleh orang orang
sedangkan opini lebih terhadapa kemungkinan yang dapat muncul sekali kemungkinannya

Edwin 9.2 [fb[z]]

Anonim mengatakan...

(1)Pada akhirnya, SMPN 123456789 telah selesai membangun gedung barunya. (2) Menurut para siswa dan siswi SMPN 123456789, gedung barunya mirip rumah sakit.

fakta: (1)
opini: (2)

Gabriella Birgitta Kurnia
9.3

Anonim mengatakan...

(1) Pada tanggal 2 Januari lalu, SMPN 112 menjuarai lomba IPA tingkat provinsi.(2) Menurut Sekolah-sekolah lain, SMPN 112 hanya beruntung tahun ini.

Fakta: (1)
Opini: (2)

Ricky
9.3

Anonim mengatakan...

(1) Dua hari yang lalu, kecelakaan mobil telah terjadi di daerah Kuningan. (2)Satu orang meninggal dunia dan dua orang luka bakar. (3) Menurut para saksi kecelakaan tersebut terjadi karena ada seekor kucing yang tiba-tiba menyebrang jalan.


(1),(2) : Fakta
(3) : Opini

Jacqueline
9.3

Anonim mengatakan...

fakta harus bedasarkan keadaan aslinya, nyata.tidak boleh menggunakan kata seperti menurut saya, kira-kira.melainkan harus tepat, dan nyata.

Ines Stephani(9.3)

Anonim mengatakan...

1.Bryna adalah anak yang span dan baik terhadap orangtuanya.
2.Sepertinya ia sangat disayang kedua orangtuanya.

1: fakta
2: opini

Ines Stephani 9.3

Anonim mengatakan...

Adiku berulang tahun pada tanggal 3 januari. Ia terlihat sangat senang menerima hadiah dari ibu

Dino 9.1

Anonim mengatakan...

kalimat pertama fakta
kalimat kedua opini

Dino
kurang lengkap yg d atas mis

Anonim mengatakan...

Tulislah sebuah paragraf, kemudian tentukan fakta dan opini dari paragraf tersebut!

(1)ditemukan ketidak bersihhan makanan kantin yang di sajikan. (2)menurut kesaksian UKSbeberapa murid menderita diare.


NO 1=FAKTA
NO 2= OPINI


jelita 9.1

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

(1)Para gamers Indonesia tampaknya kecewa dengan keputusan Indogamers.(2)Tepat pada hari ini, 12 Maret 2009, Indogamers, salah satu penyedia jasa layanan server permainan Counter-strike dan Left 4 Dead, menyatakan bahwa penyedia jasa layanan permainan tersebut akan menutup jasa layanan permainan berbasis Valve, pemegang lisensi Counter-strike dan Left 4 Dead yang selama ini mereka sediakan. (3)Indogamers selama ini menyediakan layanan permainan tanpa memakai Steam, sebuah program untuk mengatur program permainan dari Valve. (4)Bisa dikatakan Indogamers tidak memakai client atau program permainan resmi selama ini. (5)Sepertinya, masalah lisensi dengan e-Club Indonesia sebagai representatif Valve untuk Indonesia telah menyebabkan hal ini.

Fakta: kalimat (2) dan (3)
Opini: kalmat (1), (4), dan (5)

Alvin 9.1

PS: Cerita ini tidak bohong. Saya juga merupakan salah satu member forum Indogamers dan telah diumumkan di sana bahwa Indogamers menutup server Counter-strike dan Left 4 Dead mereka.

Anonim mengatakan...

(1)Saya mendapatkan hadiah sebuah kotak pensil dari teman saya. (2)Mungkin saya akan memberikannya dompet jika ia ulang tahun

1 = fakta
2 = opini

Ferie 9.1

Amanda Sutjiawan mengatakan...

(1)Pada tanggal 9 Maret 2009, Andrew mengikuti perlombaan Matematika antar sekolah. (2)Ia berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan mendapat Juara 1. (3)Menurut wali kelasnya, Andrew memang anak yang pandai.


Fakta: Kalimat 1 dan 2
Opini: Kalimat 3


Amanda S. 9.2

Anonim mengatakan...

Pada tanggal 28 Februari 2009, RumahnyaBloggerGituLoh, sebuah komunitas blogger Indonesia mengadakan acara talkshow di Plaza Gakjelas. (1) Acara itu dihadiri oleh lebih dari 5000 orang. (2) Para blogger yang berkumpul di sana tampak begitu senang karena bisa bertemu satu sama lain dan berbagi pendapat. (3) Menurut salah satu blogger yang diwawancara, acara ini sebaiknya diadakan lagi. (4)

fakta: (1) dan (2) karena mengandung unsur angka, tanggal, tempat yang nyata dan ada bukti jelasnya.
opini: (3) dan (4) karena isi kalimat-kalimat tersebut hanya merupakan pendapat.

-Michelle 9.1

Captain mengatakan...

Menurut catatan keturunan keluarga susanto, Steven susanto Liong merupakan keturunan cina(1). Tampaknya ia mmungkin akan menikah dengan gadis keturunan cina juga seperti keluarganya.(2)

Fakta=1
Opini=2

Captain mengatakan...

Louis 9.3

Anonim mengatakan...

[1]Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno-Hatta memproklamasikan INDONESIA.[2]Sebagai penerus,kita harus menghormati para pendahulu.

FAKTA[1] OPINI[2]

Neysa 9.3

yellow_candied mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
yellow_candied mengatakan...

Banyak orang bilang Bobo adalah anak yang pintar. (1) Guru-guru dan teman-temannya bilang begitu . (2) Nilai-nilainya selalu di atas 90. (3) Kemarin ia mendapat nilai tertinggi untuk ulangan Matematika , yakni 100.(4)

Kalimat fakta:3,4
Kalimat opini:1,2

Bryna 9.3

♥ karina jusuf mengatakan...

Pada tanggal 13 Maret 2009, yang bertepatan dengan hari Jumat, ada suatu kejadian yang sangat mengenaskan. (1) Ada suatu kasus pembunuhan yang terjadi di Jln. Merdeka Barat Jakarta Timur. (2) Seorang ibu memakai baju berwarna merah dengan pisau masih menancap di perutnya detemukan di dalam rumah tersebut dengan keadaan masih berdarah-darah. (3) Menurut saksi mata, ada seorang pria asing masuk ke rumah ibu tersebut sesaat sebelum ibu itu ditemukan tidak bernyawa. (4) Seorang saksi mata mengatakan bahwa wajah lelaki tersebut tidak begitu jelas karena keadaan sekitar sangatlah gelap. (5) Polisi masih belum dapat menemukan pelakunya karena tidak ada bukti jelas yang dapat ditemukan di lokasi kejadian. (6) Masalah tersebut menemukan jalan buntu dan polisi-polisi sedang berusaha menyelidikinya. (7)

Fakta: (1)(2)(3)(6)(7)
Opini: (4)(5)

*cerita tersebut hanya sebuah karangan semata. tidak ada unsur kenyataan. (:

Karina 9.1

Anonim mengatakan...

Barack Obama menjadi presiden AS yang ke-44.(1)Ia adalah orang kulit hitam pertama yang menjabat presiden AS.(2)Menurutnya, AS perlu perubahan dan bangkit kembali dari krisis.(3) Sepertinya Obama akan berhasil memulihkan AS.(4)

Fakta: 1,2 (berupa kenyataan dan benar-benar terjadi)
Opini: 3,4 (berupa pendapat seperti menurutnya, sepertinya)

Moses 9.2

Anonim mengatakan...

Pada tanggal 31 Januari 2008, dikabarkan bahwa Puncak terkena macet(1). Sepertinya tahun baru yang akan datang akan lebih ramai(2).

fakta: 1
opini: 2

Valencia 9.3

Adrian Suyanto mengatakan...

(1)Pada tanggal 27 April 2009, Ujian Nasional untuk kelas 9 akan dimulai.(2)Menurutku, ada banyak murid yang memandang Ujian Nasional dengan serius, dan juga ada yang memandang rendah Ujian Nasional. (3) Guru-guru sepertinya harus mengajar lebih giat agar murid-muridnya termotivasi untuk belajar.

Kalimat Fakta: 1
Kalimat Opini: 2 dan 3

Adrian S. 9.3

Anonim mengatakan...

Ibu ami, aku ad kirim jawaban blog k email ny bu ami.... aku kirim dua kli... yg pertama soal yg ud lm , yg kedua yg soal br br ini d post....
cek in y bu... hehe... thx..
claudya/9.1

Anonim mengatakan...

pertama maaf bu ami saya tidak membaca petunjuk pada post saya sebelumnya ini yang benar

Pada suatu pagi para siswa kalang kabut(1). Mereka belum mengerjakan tugas bahasa indonesia(2). Pastilah mereka akan dihukum oleh guru mereka(3). Cepat cepat mereka mengerjakan tugas mereka(4). Karena sepertinya guru akan datang 5 menit lagi(5).
1,2,4 fakta
3,5 opini

Anonim mengatakan...

edwin 9.2 post tentang anak belum mengerjakan tugas

-k3v mengatakan...

Temanku mendapat gelar sarjana dengan waktu yang sangat cepat.(1)Menurut, banyak orang dia dapat mencapai prestasi itu karena dia belajar dengan rajin.(2)

-k3v mengatakan...

miss

k3v itu Kevin A 9.2

Anonim mengatakan...

(1)Hari Minggu tanggal 22 Maret 2009, diadakan sebuah pesta. (2) Pesta itu sepertinya akan dihadiri banyak orang-orang penting.

Fakta: (1)
Opini: (2)

angela 9.3

Anonim mengatakan...

James 9.1

(1)Jakarta pada tanggal 4 Februari banjir.(2)Itu mungkin karena tidak ada sungai lancar.

(1)fakta
(2)opini

Gabriella Ong mengatakan...

Pada tahun ini angka kematian mencapai 700000 perhari. (fakta)Diperkirakan bahwa angka kematian ini akan terus bertambah seiring terjadinya pemanasan global.(opini)




Gabriella ONg 9,2

Anonim mengatakan...

fakta adalah sesuatu yang pasti. biasanya di dalam fakta pasti dapat ditemukan angka.
CONTOH:
jumlah penduduk di desa itu 500000.

opini adalah pendapat seseorang belum tentu benar, beda dengan fakta. biasanya di dalam opini dapat ditemukan kata-kata seperti; kayaknya, mungkin, bisa jadi, dll.
CONTOH:
Sepertinya kamu aneh



natasha(9.2)

Anonim mengatakan...

miss aku lupa tulis contoh paragraf:
pada hari sabtu tanggal 21 maret 2006 ditemukan seorang anak di pinggir got.(1) seprtinya dia anak tetenggaku.(2)

fakta: 1
opini:2

Anonim mengatakan...

(1)Banyak orang memperkirakan Susilo Bambang Yudiono akan menjadi presiden Indonesia lagi di PEMILU yang akan datang di bulan April esok. (2)Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan besar, SBY yang akan menjabat sebagai presiden RI lagi.

fakta: (1)
opini: (2)

Yosef 9.1

Anonim mengatakan...

(1)Perang dunia kedua mulai pada tanggal 1 september 1945. (2)Waktu itu, orang-orang Poland perkirakan Germany sebagai negeri kejam. (3)saat itu, Hitler adalah pemimpin Germany.

Fakta: 1
opini: 2

christopher 9.1

Anonim mengatakan...

(1) Pada tanggal 27 maret 2009, terjadi hujan badai yang menimpa di berbagai tempat di Jakarta. (2) Sepertinya, banyak orang yang akan mengungsi ke tempat yang sudah disediakan

fakta:(1)
opini:(2)

Eunice 9.1

Anonim mengatakan...

[1]Pada bulan Januari tanggal 12 kemarin, sekolah saya mengadakan pertemuan orangtua murid dengan guru" untuk menjelaskan tentang edukasi yang diberikan oleh sekolah saya.[2]Sepertinya,para orangtua murid semakin percaya akan pelajaran di sekolah saya yang menjamin.

fakta:[1]
opini:[2]

hana 9.2

claire mengatakan...

(1)Pada tanggal 20 Maret 2009 saya menjalani test kelulusan, tetapi sayang hasil nya mengatakan bahwa saya tidak lulus.
(2)Seharusnya saya belajar lebih rajin lagi.

(1)=Fakta
(2)=Opini

Anonim mengatakan...

(1) Menurut Badan Penanggulangan AIDS Nasional, sampai akhir Oktober 2006 secara kumulatif kasus AIDS berjumlah 6,987 dari sejak ditemukannya tahun 1987. (2) Dari jumlah tersebut yang terinfeksi berjumlah 4,617 orang. (3) Walaupun tingkat penyebaran penyakit ini sangat tinggi, namun belum tampak usaha keras pemerintah dalam menghentikan penyebarannya.

FAKTA = kalimat (1) dan (2)
OPINI = kalimat (3)

Margaret
9.1

Anonim mengatakan...

Seorang anak kecil, yang bernama detrick dilahirkan pada tanggal 17 agustus 1994.(1).Banyak orang berkata bahwa detrick sangat lucu dan menggemaskan.(2).

fakta:(1)
opini:(2)

gracia, 9.2

Anonim mengatakan...

(1)Pada tanggal 20 Februari 2009, terjadi sebuah kecelakaan di daerah Sudirman.(2)Kecelakaan ini tidak memakan korban jiwa.(3)Menurut warga setempat,kecelakaan ini terjadi kira-kira pukul 9 malam.

Kalimat fakta: 1 dan 2
Kalimat opini: 3


Anky 9.l

Anonim mengatakan...

(1)Gempa susulan masih terjadi di Melonguane, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, sebanyak 64 kali dengan kekuatan 6,3 skala Richter. (2)Gempa susulan terjadi pascagempa utama yang terjadi pukul 01.34 WITA dengan kedalaman pusat gempa 10 kilometer. (3)Posisi gempa terjadi di tenggara kota Melonguane, ibukota Kabupaten Talaud, dengan lokasi 3,85 Lintang Utara dan 1,26 Bujur Timur.(4)Menurut para ahli, gempa susulan masih akan terjadi lagi.

fakta : 1,2,3
opini : 4

Francine 9.1

Anonim mengatakan...

(1)Ibu Ami Samntha adalah seorang guru IICS sejak tahun 1999.(2)Sepertinya dia sangat betah mengajar di sekolah IICS itu.

1 = Fakta
2=opini

Samuel.R
9.1

Anonim mengatakan...

(1)Ibu Ami adalah guru Bahasa Indonesia. (2) Menurut saya dia adalah guru yang baik.

(1)= fakta
(2)= Opini

RICHARD 9.2

diah mengatakan...

aq diah mw tanya minta tolng bwtin tugasku..
soalnya gini! buatlah contoh kalimat masing2 satu yg menyatakan pendapat, persetujuan, sanggahan!!
mnt tolong bantu jwb donk :)

Mr. Abil Borneo mengatakan...

Belajar bahasa Indonesia via online itu menyenangkan..